Tentang

04 Juli 2015

Mengenali Wilayah Kerja CorelDRAW GAMBAR



Mengenali Wilayah Kerja CorelDRAW GAMBAR
  
   Penjelasan dari tampilan lembar kerja CorelDRAW adalah sebagai  berikut.

a.Title Bar
Title bar menampilkan nama file yang sedang. Di sebelah kanan title bar terdapat ikon yang berfungsi untuk meminimalkan, memaksimalkan tampilan hingga tampil penuh memenuhi layar komputer, dan menutup atau keluar dari lembar kerja CorelDRAW. 

b.Menu bar
Menu bar berada di bawah title bar. Menu bar merupakan barisan menu-menu utama dalam memberikan suatu perintah terhadap objek kerja, nama-nama menu bar adalah File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Text, Tools, Window, dan Help. Br

c.Toolbar
Pada toolbar berisi berbagai ikon atau perintah-perintah yang terdapat dalam menu bar. Utuk memudahkan pengoperasian perintah terhadap suatu objek maka CorelDRAW menampilkan berbagai toolbar yang sering digunakan untuk sebuah operasi. 

d.Property Bar
Property bar merupakan sejenis toolbar yang bersifat sensitive. Property bar akan memberikan informasi kontrol-kontrol yang berbeda, bergantung pada objek atau piranti gambar yang sedang dikerjakan.

      e.Drawing Window
     Drawing window merupakan tempat untuk mengolah suatu objek. Sebuah kotak persegi panjang mirip dengan tampilan selembar kertas yang mewakili ukuran kertas pada saat objek dicetak. Pada saat berkreasi, kalian dapat menggambar atau membuat objek dengan bebas pada drawing window hingga melebihi tampilan kotak persegi panjang tersebut.

     f. Horizontal atau Vertikal Scrol Bar
Ketika anda berkreasi dengan CorelDRAW, anda akan sering memperbesar objek kerja. Pembesaran objek kerja ini bertujuan untuk menghasilkan gambar yang proporsional dan akurat. Untuk mengetahui bagian-bagian lain dari objek yang digambar, kalian dapat memanfaatkan fasilitas horizontal dan vertikal scroll bar. Untuk menggerakkan scroll bar dapat dilakukan dengan menekan panah yang berada pada tiap ujung scroll bar secara perlahan-lahan. Jika kalian ingin mengembalikan tampilan gambar ke tengag lembar kerja, tekanlah tombol Shift+F4 pada keyboard. 

g.Page Counter
Ketika anda berkreasi pada program CorelDRAW, suatu saat anda membutuhkan halaman lain untuk menggambar suatu objek suatu gambar yang menunjang gambar lainnya.
        Untuk bepindah antarhalaman, klik nomor halaman bersangkutan pada Page Counter. Untuk menambah halaman baru caranya adalah dengan mengklik ikon (+). Semua halaman tidak akan tampil dalam page counter, untuk mencari halaman yang tidak tampil klik ikon (< ) atau (>) ikon. 

   h. Color palette
      Color palette merupakan fasilitas yang dapat anda gunakan utuk memberikan warna, baik pada garis luar (outline) maupun pada isi sebuah objek yang telah anda buat. Color palette berbentuk sebuah barisan warna. 

   i.Toolbox
Toolbox merupakan kumpulan ikon-ikon yang utama dalam corelDRAW dan memberikan akses dalam melakukan perintah-perintah pada CorelDRAW sehingga dapat membantu anda saat berkreasi. Anda dapat menggunakan Toolbox saat membuat, mengedit, dan mengatur sebuah objek. Letah Toolbox terdapat di sebelah kiri tampilan CorelDRAW. 

  j. Rulers
Rulers dapat dianalogikan dengan penggaris berguna untuk menentukan posisi serta ukuran dari sebuah objek, kemudian anda berkreasi membuat sebuah objek, kemudian anda kesulitan untuk menentukan posisi, anda dapat kembalikan objek ke posisi 0,0 dengan cara klik ikon di batas pinggir penggaris horizontal dan vertikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar